> Saya hanya sharing pengalaman saja.
> Memang menggunakan RPM ada enaknya, tapi kadang saya sulit menemukan
> file RPM terbaru jika muncul pesan bahwa kita harus update engine untuk
> clamav dengan yang paling baru.
>
> Jadi saya memutuskan untuk menginstallnya dari source, bukan dari RPM.
> Cara install dari source tidak ribet,semuanya ada disertakan, tinggal
> baca dan ikuti.
> Proses upgrade engine-nya pun tidak susah, tinggal install ulang.
> Konfigurasi lamanya pun tidak akan tertimpa/terhapus
>
> Demikian pengalaman saya.
> [...]

terima kasih untuk share anda :)
untuk saat ini saya lebih suka menggunakan rpm daripada source,
alasannya bukan karena kemudahan instalasi, tapi lebih ke managing
paket yang ada di sistem (supaya lebih terkontrol).
adakah solusi lain untuk masalah saya ini...? terima kasih

--
Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT