On Sunday 09 April 2006 09:08 am, Gatra Wikan wrote:

> biasanya semua jenis modem eksternal kompatibel, saya pernah pake
> modem eksternal yang nggak jelas merek dan jenisnya pun bisa, waktu
> itu saya coba pakai knoppix, RH 9, Mandrake 9 dan 10, Ubuntu 5.04
> semua bisa.

Baiknya memang untuk warnet pakai modem external yang serial -- **jangan**
external yang USB. Modem external serial paling mudah didetect oleh linux,
karena ini benar2 modem hardware. Kalau modem external USB dan modem internal
kebanyakan bukan benar2 modem hardware tetapi hardwarenya dikurangi sehingga
perlu emulasi dengan software, makanya disebut softmodem.

Modem external serial memang sudah agak langka, yang baru jadi sangat mahal,
sekitar rp. 250.000,-. Saya baru dapat yang 2nd merek rockwell/connexant
external harga separonya tapi OK. Bisa jadi kalau nggak ada di toko2 komputer
baru, harus cari di toko komputer bekas.

Untuk modem internal yang paling baik saya kira Lucent/Agere, soalnya
*drivernya tersedia dan bisa full speed 56kbps. Sedangkan Motorola hanya
tersedia driver sampai kelas FC3/gcc3, sejauh ini saya belum ketemu driver
untuk gcc4. Sedangkan Connexant/Rockwell internal baik yang hsf maupun hcf
driver freenya hanya bisa sd 14.4 kbps. Kami sudah pernah coba kontak
Connexant untuk menegosiasi harga yang lebih pantas untuk driver full (masak
usd 20,00/modem),  tetapi emailnya nggak dijawab mereka. Untuk Lucent/Agere
bisa juga dapat di pasar 2nd sekira rp 25rb.
*driver untuk modem2 internal ini adalah dalam bentuk source tar.gz yang harus
dikompilasi sendiri.

Trims,
Yahya

PUSATLINUX.COM