sori kalau saya lihat Hardware yang anda gunakan bukan merupakan hardware standart yang biasa digunakan oleh software linux. (processor anda itu kalau tidak salah on board dengan merk via), mungkin saja kernelnya belum kenal dengan proc anda. Tapi silahkan anda mencoba pake distro yang lain seperti fedora, knoppix, atau mandrake moga2 bisa di install.
thx

Assalamualaikum

Saya Dian,di Bogor. Saya pemula yang ingin mencoba
belajar linux untuk menghilangkan ketergantungan pada
Windows. Belajar Linux secara mandiri melalui buku
bagi saya begitu menyulitkan, distro linux yang saya
pilih adalah Suse 9.1 dan terakhir LinuxSuSe 10.0.

Adapun spesifikasi komputer saya:
motherboard : PC CHIPS M789CG
Chipset:VIA® CLE266 / 8235
PCB Version:V3.0A
BIOS Version:040819s
processor:  Via Samuel 2
VGA&SOund Card: onboard
(http://www.pcchips.com.tw/PCCWeb/Products/ProductsDetail.aspx?MenuID=16&LanID=0&DetailID=348&DetailName=CPU%20Support)

Saya mengalami kesulitan menginstal Suse pada komputer
saya, Sebagai berikut:
SuSe 9.1: instalasi berjalan lancar, namun setelah
dijalankan langsung "Hang"/"crash"/ no respond.

kemudian saya coba SUSe 10.0, namun setelah instalasi
selesai, reboot dan GUI gagal diload, modus text pun
setelah beberapa saat juga "no respond".