On Mon, Apr 17, 2006 at 03:21:13PM +0700, Mardiansyah, Achmad wrote:
> Hello semua...
>
> Sama punya 2 eth card:
> - 3com 3c905
> - realtek
> kernel udah dicompile ulang & driver ethernet dimasukkan ke dalam
> kernel.
> Interface yang muncul: eth0 & eth1
> Yang saya tanyakan:
> 1. Command apa yang dipake untuk menentukan letak fisik sebuah
> interface.
> (saya ingin tahu letak eth0 tanpa harus lihat fisik, mis: lokasi eth0
> berada di PCI1, eth1 berada di PCI2, dst)

Sharing pengalaman.
Kalau driver ethernet diload sbg module, maka:

Slackware mengenal urutan load driver ethernet di file:
  /etc/rc.d/rc.netdevices
Misalkan isinya:
  /sbin/modprobe 3c509
  /sbin/modprobe 8139too
Maka yg diload pertama kali adalah eth0 (device 3c509) dst.

Kalau distro redhat (setahu saya sampai redhat 9, hehehe :), ada
file /etc/modules.conf yg berisikan
  alias eth0 3c509
  alias eth1 8139too

Saya juga mau bertanya nich, bisakan distro slackware memakai
aturan /etc/modules.conf untuk load driver ethernet alih2 pakai
file standar /etc/rc.d/rc.modules atau /etc/rc.d/rc.netdevices ?

Salam,

~yudi