boebrown wrote:
> dear groupers,
> mohon pencerahannya untuk import kmail ke evolution.
> sebelumnya saya pakai mandrake trus mau migrasi ke xandros desktop.
> thanks

Dengan Evolution, Anda dapat meng-import format mbox. Dan dengan KMail,
Anda dapat membuat folder dengan format mbox.

Di KMail, buat folder baru (Folder > New Folder), pilih format mbox.
Salin semua email yang akan di-export ke dalam folder tersebut.
Bila Anda akan menyalin sebuah folder ke dalam folder mbox yang baru
dibuat tadi, pastikan folder yang akan disalin juga berformat mbox. Atau
lebih aman lagi, buat baru folder berformat mbox di dalam folder baru
tadi, baru salin email-nya.

Folder yang Anda buat tadi akan tersimpan di dalam directory data kmail
di home Anda, biasanya di ~/.kde/share/apps/kmail/mail/....

Misalnya folder yang baru dibuat itu seperti ini:

+ Local Folders
|-+ inbox
|-+ outbox
|-+ sentmail
|-+ trash
|-+ drafts
|-+ exportmbox <-- folder yang baru dibuat
  |-+ subfolder

Maka KMail akan membuat dua buah file mbox,
~/.kde/share/apps/kmail/mail/exportmbox, dan
~/.kde/share/apps/kmail/mail/.exportmbox.directory/subfolder
Dua file ini yang akan Anda import ke Evolution. File ini boleh disalin
ke tempat lain tanpa menyertakan file-file lain yang memiliki awalan
sama seperti .exportmbox.index, .exportmbox.index.ids, dan
.exportmbox.index.sorted.

Di Evolution, buka Evolution Import Assistant (File > Import). Pilih
Import a single file. Kemudian pilih file mbox dari KMail tadi,
Evolution akan otomatis mengenali formatnya. Lalu pilih folder tujuan.
Selesai.

Waduh panjang! Kebeneran lagi mood ngebahas :p

--
Reno S. Anwari
http://reno.overworker.com/