Terima kasih atas perhatiannya. Untungnya problem tersebut sudah
solved. Setelah saya cek dengan dmesg, isinya ribuan baris "DMA timer
timed out". Akhirnya saya matikan fitur DMA parallel port di setting
bios. Hasilnya... whuzz.. lancar.. hehehe. Semoga hal ini bisa jadi
acuan buat temen2 lain yang punya masalah sama.

Cheers,

Rudi