On Mon, 8 May 2006, m Ilhami wrote:

 kalo pertanyaannya diganti: "bisakah lookup hostname menggunakan wins?"
 maka jawabannya bisa. cermati dokumentasi paket samba-winbind.
Sebelah mana ya? saya cermati kok ga nemu juga.

man winbindd

 kalo ngotot pertanyaannya tetep itu, maka jawabanya mungkin gak bisa! kalo
 sudah pake dhcp_server+dns_server+ddns-update-style, maka gak perlu lookup
 pake nmblookup lagi.
Posisi saya adalah komputer saya sebagai client dhcp. Saya bukan admin
jaringan. Jadi saya tidak bisa mengimplementasi solusi ini.

OK, maaf kalo gitu! mungkin sekedar info/guide sebagai berikut:

ASUMSI:
1. anda menggunakan distro MandrivaLinux, bila berbeda, sesuaikan.
2. di jaringan anda terdapat WINS (netbios-name-server) yang bisa anda akses.

DISCLAIMER: saya tidak menggunakan layanan ini, informasi berikut hanyalah pemahaman saya dalam membaca dokumentasi/petunjuk/informasi dari paket samba. pemanfaatan nformasi ini sepenuhnya tanggungjawab anda!

LANGKAH2:
1. pastikan anda sudah menginstall paket samba-winbind.
2. cek file /etc/nsswitch berisi _wins (atau winbind, saya lupa)_ pada baris
hosts.
3. pastikan daemon winbindd sudah running (man winbindd(8)).
4. test dengan menjalankan probram wbinfo.
5. test ping host yang anda tahu nama netbiosnya (dan alamat IP).
6. kalo ada error cek /etc/samba/smb.conf (baca lagi: man winbindd).

PENJELASAN: daemon winbindd bertanggungjawab meng-query nama netbios ke WINS server. system resolver akan mengacu pada file /etc/nsswitch untuk mengetahui siapa saja yang bisa menyediakan informasi nama hosts. kalo ada entry wins/winbind pada baris host, maka resolver library meminta winbindd memberikan info yang diinginkan.

salam
--
|===[ Yudhi Kusnanto ]==============[ +62 811 292 184 ]===|
|===[ STMIK Akakom ]================[ +62 274 486 438 ]===|