Arief Yudhawarman wrote:
On Fri, Jan 06, 2006 at 03:27:30PM +0700, tante tety wrote:

Mohon maaf, kalo saya salah mohon di koreksi (CMIWW).
Setahu saya, email server akan berfungsi jika sudah di kenali di jaringan (add record di dns server), bukan hanya ping. Karena sewaktu kita mengirim email dari [EMAIL PROTECTED] ke [EMAIL PROTECTED], dibutuhkan resolve untuk sampai ke ip tujuan mail server tersebut, meskipun dalam satu LAN (bukan hanya internet). Mungkin anda bisa menyertakan pesan error yang muncul ketika anda gagal mengirim email dari [EMAIL PROTECTED] ke [EMAIL PROTECTED] (email bouncingnya), agar kita bisa tau di mana letak salahnya.

Rasa2nya untuk kebutuhan minimal tdk perlu pasang dns server. Dengan
postfix cukup memanfaatkan file /etc/hosts dan /etc/postfix/transport
itu sdh cukup.

Contoh file /etc/hosts

  127.0.0.1      localhost
  192.168.12.10  mail.mis_01.id  mail01
  192.168.12.20  mail.mis_02.id  mail02

kalo menggunakan qmail letak sistem transport ini ada di /var/qmail/control/smtproutes

jadi untuk di host mail.mis_01.id seting seperti berikut :
# echo "mail.mis_02.id:192.168.12.20(ip mail tujuan) >> /var/qmail/control/smtproutes
dan di sisi host mail.mis_02.id seperti berikut:
# echo "mail.mis_01.id:192.168.12.10(ip mail tujuan) >> /var/qmail/control/smtproutes

.::~Semoa membatu~::.

--
Thanks,

                     \\\!!////