On Monday 15 May 2006 01:56, I Wayan Yuliarta wrote:
> Halo milis, boleh nimbrung dikit yee...
>
> Ada berpikir dalam mengambil sertifikasi adalah untuk mengukur kemampuan
>   diri sendiri dalam suatu hal? Untuk sejenak coba untuk tidak
> berangan-angan gaji tinggi, naik jabatan dll. Karena menurut hemat saya,
> yang perlu dilakukan dengan sertifikatnya yaitu bagaimana ilmunya bisa
> dipertanggung-jawabkan melalui karya dan jangan lupa untuk membantu
> teman - teman seperjuangan yaaa seperti di milis ini deh...
> Saya yakin hal-hal tersebut lebih penting dan jelas lebih "mulia".
>
> Oh ya membantu teman - teman miliser, sekaligus promosi diri loh!!
> [...]

Saya setuju dengan pendapat rekan2. Di dalam dunia Linux yang penting adalah
pengalaman dan jam terbang. Tapi pengalaman dan jam terbang ini ada kalanya
perlu dibuktikan (baik untuk keperluan personal maupun profesional). Ada
banyak cara utk membuktikannya, bisa melalui tulisan2, blog, ataupun melalui
ujian 'kompetensi' seperti sertifikasi.

Bukannya mau promosi distro Linux tertentu, tapi karena saya baru nyobainnya
RHCE, saya mau bilang bahwa saya salut sekali atas jenis ujiannya itu. Sebab
ujiannya adalah 100% praktek, tidak ada pertanyaan multiple choice sama
sekali. Pada ujian jenis multiple choice, bila kita tidak tahu, maka kita
bisa melakukan "hitung kacing" dan berharap tebakan kita benar, ataupun bila
soalnya kurang bermutu, maka kita bisa menganalisa soal tersebut dan
menemukan pilihan yang tepat tanpa harus tahu apa itu sebenarnya.

Terus terang, training dan ujian yang saya ikuti benar2 membuka mata saya
betapa powerfulnya Linux dan betapa masih begitu sedikiiiiiittttt yang saya
ketahui tentang Linux. Dan hal ini semakin mendorong saya untuk makin
berkomitment di dalam mempelajari dan mempraktekan Linux.

Dan tentu saja seperti yang selalu saya ingat perkataan Oom IMW, "Balaslah
jasa para senior yang telah membantumu dengan jalan membantu para newbie
sesudah kamu." Saya ingat ketika dulu saya bingung sekali mengenai run-level,
prinsip kerja DNS, mail, dll, dan para senior Linux membantu saya tanpa
pamrih. Karenanya, kebetulan saya suka menulis, saya akan selalu mensharing
pengalaman2, artikel, tutorial mengenai linux bagi rekan2 semua. Semoga
bermanfaat. Dan semoga tradisi saling membantu inipun dapat diteruskan oleh
rekan2 semuanya.

Sorry jadi melantur nih :)
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org