Alhamdulillah sudah terpecahkan. Ini terjadi (mungkin) karena salah
interpretasi dari suse(?) dalam menentukan di mana letak partisi yang
terinstal suse. Soalnya awalnya saya kira karena posisi partisinya
yang nggak didukung (melihat dari error GRUB tentang BIOS), jadi saya
install di hda1. Ternyata masih dapat masalah yang sama.

Dugaan kuat saya (berikutnya) adalah partisi2 harddisknya agak hancur
(setelah lihat statusnya di beberapa partition tools) mungkin karena
sebelumnya, saat instalasi Mac OS X Tiger, seluruh partisi harddisk
saya terformat. Saya pun menghapus seluruh partisi yang ada dan
membiarkan yast installation yang memberikan konfigurasi partisi. Dan
tetap mengalami masalah yang sama.

Jadi, kesimpulan saya, suse 10.1 kurang dapat mengenali partisi hd
dimana suse diinstal. Sehingga salah dalam memasukkan konfigurasi
GRUB-nya. (CMIIW) Atau ada tanggapan dari yang lain?

Akhirnya saya coba tanya ke milis suse-linux-e dan saya forwardkan
solusinya untuk dishare ke temen2.

Trims,

Adinda P