Ronny Haryanto wrote:

> Itu karena shell akan membuka file yang di sebelah kanan tanda ">"
> dulu untuk ditulisi sebelum menjalankan perintahnya (dalam hal ini
> sed) dan langsung meredirect outputnya ke file yg sudah dibuka tadi.
> Dan karena ">" membukanya bukan mode append, maka isinya udah kosong
> pada saat sed dijalankan.
>
> Jadi biasanya ya diredirect ke temp file dulu, baru direname/mv.

Kalo tetep maksa pakai sed masih bisa sih, tapi command nya jadi lebih
panjang, karena seperti yang pak Ronny katakan ... harus ada proses copy
& remove file. Jadi seperti ini command nya:

# (cp text.txt text.txt.$$ ; sed -e 's/eksplorasi/exploration/'
text.txt.$$ > text.txt ; rm text.txt.$$)

Perintah diatas harus dijalankan dalam 1 baris.
Jadi lebih lama prosesnya karena harus mengcopy file dulu.