On Mon, May 29, 2006 at 12:01:12AM +0700, Agus Priyadi wrote:
> Itu dia yang saya bingung, koq mail nya malah masuk ke MX pref 50, apa
> ini ada hubungan nya dengan greylist yang saya pasang di antivir ?

qmail asli tidak melakukan itu. tapi ada patch untuk membuat qmail-remote
mencoba preferensi berikutnya kalau pada satu session smtp mendapat 4xx
(tempfail).

> saat ini hal yang saya lakukan adalah mematikan service mail di spamfilter
> sampai ketemu pemecahannya. saat ini lagi googling cara menonaktifkan
> pemeriksaan spf semua mail dari spamfilter.

paling gampang, buat transport khusus untuk 'smtp' supaya bisa connect
ke antivir selain port 25. di port tsb. di mesin antivir, jangan aktifkan
'content filter'. jangan lupa di port tersebut hanya boleh terima dari
spamfilter :-)

separasi transport seperti ini juga menjamin mail tetap bisa masuk walaupun
smtp slot yang tersedia (untuk port 25) sudah habis terpakai di mesin
antivir.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja