On 5/31/06, Linux Pemula <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
--- senopati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> 1. Daftar domainnya ke registry memang 2 minggu yang
> lalu, trus apakah
> sudah di setting pada registry untuk menggunakan DNS
> dengan alamat IP
> DNS server Anda yang baru ?
> 2. Kalau test Anda cuma dengan cara ping. check
> iptables pada server
> Anda, apakah diperkenankan untuk melakukan ping ?
> (icmp) dari luar
> server DNS Anda ? Test juga ping dengan alamat IP
> untuk server DNS Anda.
> 3. Apakah bisa dilakukan test dengan dig atau
> nslookup pada server DNS
> [...]

a) Saya sudah minta ke mereka untuk memasukkan 2 IP
public saya sebagai ns1 dan ns2-nya (domain
registration saya di dyndns.org)
b)Saya belum aktivasi iptables,jadi belum ada rule
apapun
c)Berikut hasil dig-nya pak:

Untuk pertanyaan no 4, terus terang saya belum paham
betul konsep PTR ini :),sekalian mohon pencerahannya

mereka, maksudnya, tempat anda beli domain? apakah mereka menyediakan
dns? Kalo iyah, coba tanyakan, bisa ndak mereka menjadi slave dns bagi
domainaku.com tersebut. Jika boleh maka di /etc/bind/named.conf:

zone "domainaku.com" {
       type master;
       allow-query { any; };
       file "db.domainaku.com";
       //baris dibawah perlu ditambahkan dengan 202.Y.Y.Y dianggap
dns registrar anda
       //, 202.Z.Z.Z juga dns registrar anda, jik ada
       allow-transfer {
       202.Y.Y.Y;
       202.Z.Z.Z;
       };
};

Jika ternyata anda menggunakan dyndns.org, maka masukkan nameserver
mereka ke bagian "allow-transfer" seperti diatas. Jangan lupa edit
"db.domainaku.com" diatas, dengan memasukkan ns mereka

http://linuxgazette.net/121/moen.html
http://linuxgazette.net/121/orr.html

--
"Get your facts first, then you can distort them as you please." - Mark Twain
http://jaya.duniasemu.org