On Friday 02 June 2006 09:27, Tito Surya Wardhana wrote:
> 1. kayanya saya ngga buat milis [EMAIL PROTECTED] , saya
> hanya buat milis [EMAIL PROTECTED], tapi kenapa di antrian ada
> email dari alamat itu ya ?

Itu alamat otomatis dari setiap mailing list yang dibuat dengan ezmlm. Tujuan
dari email help itu adalah untuk mengetahui command2, comment2 mengenai
mailing list yang kita buat.

> [...]
> banyak email seperti itu. Klo saya liat di manual qmailrocks bagian
> maintain, kemungkinan mail server saya diserang spam,
> "is to set the domains on your server to "delete" catchall mail instead of
> bouncing it. This can be done from within the Qmailadmin interface. Setting
> a domain's catchall setting to "bounce" is a bad idea in my experience as
> it only results in a queue full of bounced bounce messages. If you don't
> need a catchall for your domain, do yourself a favor and set it to
> "delete". Apa ada cara lain selain delete manual, kalau delete otomatis

Salah satu metode spammer adalah dictionary attack dimana dia mengirim ratusan
email per hari dengan email asal2an ke domain kita. Dan mail server kita akan
kerepotan sendiri dengan menjawab 'sorry no mailbox by that name' dan karena
biasanya spammer juga menggunakan alamat email palsu, maka mail server kita
akan mendapat email bounce juga dari emailnya sendiri itu. Akibatnya resource
mail server kita habis untuk hal yang sia2.

> 3.  maksud dari "Return-path" itu apa ya ?
Seperti arti harafiahnya.. jalur kembali. Berguna untuk menelusuri perjalanan
suatu email.

> 4. gimana cara maintain qmail ya ? Apa aja yang harus diperhatikan.
Dari yang pernah saya alami. Qmailrocks bagus untuk kita2 yang ingin belajar.
Dia menuntun kita membangun mailserver benar2 dari tulang belulangnya. Namun
begitu seperti yang dikatakan John Simpson (pembuat banyak patch qmail),
Qmailrocks tidak sempurna dan banyak kekurangannya. Diantaranya adalah dia
belum memakai patch validrcpto yang berguna untuk menangkal serangan
dictionary attack spammer. Juga implementasi qmailscanner dan clamavnya rada
tidak standar.

Tapi intinya, ia bagus untuk sarana belajar. Dan karenanya, rajin2lah bertanya
dan googling, experiment, dll. Kalau mau yang lebih "jadi" bisa pakai salah
satunya qmailtoaster.

--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org