sebenarnya, smua itu bisa dilakukan melalui single command dari bash. coba
"mysql --help" ntar ketemu manualnya.

saya kasih contoh gini, misal mau menjalankan :
username : dbrecord
password : passwd
host : localhost
database name : record
table_name : proses_harian
query : select * from record_juni

nah, cara menjalankan dari shell :

$ mysql -u dbrecord --password=passwd -e "use record; select * from
record_juni"

ket :
-u = username
--password=[PASSWORD] = password username
-e = execute perintah sql. kalau perintahnya banyak, gunakan delimiter ";"
tanpa tanda kutip.

gimana? udah dicoba?

nah, gimana kalo yang dieksekusi adalah file text ke database, kita coba
dengan contoh kasus punya mas yanu :

$ mysql -u dbrecord --password=passwd -e "use temp; load data local infile
"/temp/060501.bnk" into table proses_01"

oke?!

lanjut, sekarang gimana caranya supaya semua data yang masuk dari satu
direktori dimasukkan ke database? kita coba gunakan bash script :

#------START SCRIPT---------------
#!/bin/bash
# author : Denny Zulfikar

for FILES in `ls /temp`
do
mysql -u dbrecord --password=passwd -e "use temp; load data local infile
"/temp/$FILES" into table proses_01"

rm /temp/$files      # untuk menghapus file yang udah dimasukin ke database

done

#-------------EOF-------------

kalau pingin lebih spesifik (misalkan data tsb disortir dalam tabel
harian), cukup tambahin aja scriptnya supaya mendeteksi hari file data tsb
dibuat. kemudian jadikan variabel, lalu ganti nama tabel "proses_01"
menjadi nama variabel tanggal pembuatan file tsb, misalnya
"proses_$DDMMYY". jadi nanti mas yanu bisa mendapatkan data yang sudah
tersortirt berdasarkan tgl bln thn (tabel proses_310506, proses_010606,
proses_020606 dst).

gimana cara menjalankannya, cukup masukin ke cron, dan set aja per-satu jam.

nah, sekarang gimana supaya realtime? mas yanu perlu membuat daemon yang
selalu memeriksa isi direktori /temp apakah sudah terisi file baru atau
belum. bisa cobain pakai perl atau bash script..:)

selebihnya gimana? improvisasi..!! huehuehue...:)

salam,
denny