On Monday 12 June 2006 04:16, Denny wrote:

> ya bisa juga.
> tapi, imho, iptables agak sulit dan rumit.
> terutama untuk maintenance nanti kalo update/nambah/kurangi ip yg boleh
> konek. apalagi kalo udah ratusan baris rules iptables bisa pusing
> melacaknya...
>
> imho,
> kalo mau pake iptables, gue sih prefer gui misal firestarter gitu...
> atau script2 laen untuk generate iptables biar kita gak pusing melacak
> ratusan baris iptables...
>
> rgds,
> dny

Memang, kalau iptablesnya liat dari iptables -L (listing dari rule yang
diapply di server) bisa bikin mabok plus bikin mata kita berkunang -
kunang .. :p

Tapi kalau bikin script sendiri, terus kita kan bisa cek dari scriptnya kalau
mau tambah atau kurangi ip yang konek.

Prosedur saya bikin script iptables sendiri:
1. Flush rule di table FILTER (Input, Forward, Output)
2. Flush rule di table NAT ( PREROUTING, POSTROUTING)
3. Flush rule di table MANGLE ( PREROUTING, POSTROUTING)
4. Set POLICY FORWARD to DROP
5. Bikin rule untuk network yang dikasih ACCEPT Policy
6. Done

Kalau oprek - oprek dari yang GUI, kayaknya step mereka gak jauh beda dengan
step step yang saya berikan di atas koq.

- Rio.Martin -