> saya juga setuju dengan pendapat mas,
> tapi pertimbangannya, untuk apa kita menggunakan komputer xeon hanya
> untuk keperluan browsing misalnya? itu kan pemborosan. Jadi saya cuma
> ingin mengetahui kira-kira untuk load mail server, gimana minimum
> requirement hardwarenya.
> Supaya hardware yang dibeli juga tidak berlebih :)

Kalo gitu di lihat dulu user yang akan pake berapa banyak, dan sw apa aja
yang dipake, lihat posting saya yg lalu, server lama P3-800Mhz, 1Gb,
HD2x18G scsi cukup untuk load user email sampai 200 mungkin masih cukup
kuat sampai 500user...ya coba saya hw terbaru yang paling gress misalnya
P4 3Ghz, 1Gb, HD 40Gb...install minimal spek dulu kalo load nya tinggi
upgrade saja ram + HD nya