On Tue, Jun 13, 2006 at 09:40:26AM +0700, Hari Purnama wrote:

> sudo su (sol)

Kalo udah sudo ngapain pake su lagi. Langsung aja:

        sudo -i

Tapi umumnya tidak dianjurkan langsung ke shell begini, karena tidak
tercatat dg jelas di log kita ngapain aja pas di root shell itu (utk
keperluan audit). Saya biasanya selalu jalanin satu2 commandnya yg
bener2 perlu sebagai root ditambahin sudo di depannya. Kalo pake
sudo-nya selalu sudo -i (atau -s) mah agak percuma pake sudo, mending
pake su atau login root sekalian.

Memang pertamanya kesannya kayak kita ngerepotin diri sendiri, tapi
dengan "menambah kerjaan" ngetik "sudo" di depan perintah yg mau
dijalankan itu otomatis membuat kita sadar bahwa ini perintah akan
dijalankan sebagai root, jadi otomatis kita dipaksa memikirkan
konsekwensinya lagi sebelum menjalankan perintahnya.

Ronny