On 6/13/06, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Tue, Jun 13, 2006 at 01:49:28PM +0700, BaCy wrote:
> merujuk tutorial di efnet.linux.or.id
> saya mau menanyakan, kalau misalnya kita mempunya satu gateway dengan
> 3 interface, komputer gateway ini nantinya hanya akan melewatkan
> paket, apakah saya sebaiknya menggunakan chain FORWARD atau chain
> INPUT.
> apa sih sebenarnya perbedaan antara kedua chain ini?

http://www.netfilter.org/documentation/HOWTO//packet-filtering-HOWTO-6.html

Untuk info lain mulai dr http://www.netfilter.org/documentation/

terima kasih tutorialnya mas Ron,

yang masih saya bingungkan adalah,
kalau misalnya kita punya network (client) 192.168.1.0/24 (eth0 di
gateway) dan client akan mengakses komputer (any IP dan any port) di
network lain 10.1.1.0/24 (eth1 di gateway)
apakah melewati chain INPUT juga? atau hanya melewati chain FORWARD?

kalau misalnya hanya melwati chain FORWARD (seperti di tutorial),
kenapa kalau kita blok di chain INPUT, network 1 tidak dapat mengakses
network 2.

Terima kasih.

CMIIW

--
Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT