On 6/21/06, pinguin meriang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On 6/21/06, Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dulu saya pernah ditanya ini oleh miliser, yakni mengapa memilih silinder
> terluar untuk partisi swap atau cache squid. Saya belum ketemu jawabannya,
> soalnya krn kebiasaan & pengalaman, saya kalau buat partisi linux selalu
> memilih silinder terakhir untuk proses yg kerja berat (operasi read &
> write).
>
> Jadi, menurut Mas Hari, apakah alasan teknis memakai silinder terluar
> untuk partisi swap ?
>
> TIA,
>
> ~yudi

klo saya tidak salah alasan sederhananya adalah krn silinder peling
luar lebih cepat dijangkau oleh head pembaca disk. ibaratnya kompleks
perumahan yg pengalamatan tiap2 rumahnya berurut dari depan
kebelakang, alamat yg depan itu cenderung lebih mudah di cari dan
diakses dari pada yg didalam. sehingga waktu akses pun lebih singkat.

silinder terluar itu keliling nya lebih panjang daripada keliling
silinder dalam. Lebih banyak data yang bisa disimpan disitu.

Jadi ngebahas kecepatan disk :). padahal solusinya jelas2 nambah ram.