On Tue, 27 Jun 2006 13:26:43 +0700, Yanu Widodo
<[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> mas ronny,
>
> sudo kayaknya akan berguna banget.
> pliss minta tolong satu contoh penggunaan sudo.
> ~ dari yg penggunaan "newbie" sampe yg dikit agak "advance"
>
> atas bantuannya, makasih ...
>
> salam,

contoh penggunaan sudo untuk mengubah sheel user root dalam file /etc/passwd

# visudo atau edit file /etc/sudoers pada baris paling bawah

Host_Alias           Boleh=Localhost
Cmmd_Alias           PERINTAH=/usr/bin/vi /etc/passwd
Budi                 Boleh=NOPASSWD:PERINTAH,PASSWD:/sbin/shutdown -r now

kemudian simpan dan login melalui user budi untuk mengganti vi /etc/passwd
dengan menjalankan :
Budi]$ sudo vi /etc/passwd