mas..mas..keyaknya swap-nya kurang tuh..biasanya kalo
swap itu perlu 2XPhysical memory, tapi kalo nantinya
memang masih kurang bisa kok dibuat swapfile. Terus
masalah /home n /var apa ndak terlalu gedhe? sayang
aja sih..soalnya biasanya /var itu 500M juga dah
berlebih...
thanks buat sarannya

mo nanya, platter tu apa ya? aku malah gak tau yang
bgituan..heheheheh..

platter itu adalah piringan di dalam hard disk, katanya kalau mau lebih optimal partisi tertentu harus ditempatkan di bagian platter tertentu misalnya bagian terluar. cuman saya tidak tahu cara menempatkannya dan partisi mana saja yang sebaiknya di atur penempatannya...