----- Original Message ----- From: "Rito" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, June 27, 2006 1:41 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] Re: OT pemasangan kabel untuk LAN

On Tuesday 27 June 2006 11:02, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> yang perlu diperhatikan ketika membangun jaringan apalagi lebih dari > satu
> gedung adalah:
> 1. jalur terssebut diperuntukkan untuk apa? jikajalur khusus maka
> diperlukan
> jalur kabel entah apa UTP maupun FO. sangat riskan jika menggunakan > media
> gelombang seperti access point. karena setiap orang bisa menggunakan
> jalur tst. perlu setingan khusus dan ribet

Dengan Wireless cukup praktis tapi harus diperhatikan security nya, jangan biarkan wlan setup standar, aktifkan WEP & MAC address auth nya, kalau ada
yang pakai WPA aktifkan juga. memang akan sedikit lebih lambat tapi akan
lebih sulit ditembus orang lain.

setuju ....
supaya praktis, penghubung antar gedung pake wireless aja. trus, di setiap
gedung dipasang router.

--
Rito
IT Engineer

sorry kalau saya kurang setuju menggunakan wireless, kalau saya baca2 jarak antar gedung hanya 20 meter maka cukup menggunakan kabel utp cat 6 saja sebagai backbone nya. Mengutip kata kata pak Michael dan pak onno w purbo sebaiknya jika masih bisa menggunakan kabel gunakan saja kabel jangan gunakan wireless. Wireless digunakan jika memang media kabel sudah tidak mungkin lagi digunakan. kita dapat mengakali kabel dengan cara membuat jalur kabel yg mengikuti jalur saluran udara atau mengikuti jalur kabel lainnya sesuai dengan gedung dengan protektornya menggunakan pvc sudah cukup. untuk daerah luarnya dapat gunakan cara "polisi tidurnya pak michael" jadi untuk nyeberang gedung kita buat 1 polisi tidur yang sudah terdapat pipa pvc dan pelindung kabel utp (masukan beberapa kabel utp cat 6 untuk cadangan jika sewaktu2 putus. biar lebih rapi pipa yg didalam ruangan di cat sesuai dengan warna temboknya sehingga tidak akan begitu mencolok. Sekali lagi sebaiknya selama menggunakan kabel masi bisa sebaiknya gunakan saja kabel apalagi jarak antar gedung anda cuma 20 meter. Dan kabel yg digunakan jika hanya 20 meter ngga perlu sampai fiber koq. saya punya backbone dikantor (yg lama dan sudah ngga dipake) dengan jarak 100 meter saja dulu menggunakan cat 6 juga masih bisa dan masih ok tapi sekarang sudah diganti dengan FO yang jelas lebih ngacir jika masuk Switch Gbit tapi jika switch yg lainnya tetap 10/100 sama aja boong donk cuma dapet 100 juga. jika switch anda menggunakan Gbit semua baru deh FO berguna buat anda

thx