tergantung
:-)

recovery file ke jasa teknisi mendingan kamu pikir ulang, harga dan jasa.
kalau seperti saya, recovery file orang udah nggak mau lagi, soalnya
nggak dihargai, capek awak nunggunya satu malaman eh besoknya cuma
ngasih 50rb.

dan sekarang kalau kasus seperti ini saya nego di awal, per file
berapa, 100rb, 50rb? 20rb?

kenapa 100rb? ya kalau ternyata yang dibutuhkan cuma 1 file kan
nunggunya sama aja ama yang 1000 file, soalnya kita nggak tahu
posisinya dimana, di tengah, di awal atau diujung.

kalau memang nggak sampe hati dan nggak sanggup piti, mending usahakan
sendiri dulu. tuh harddisk masih kedetek nggak sama autodetek hdd dari
bios?

kalau masih, masih ada harapan, kalau nggak kedetek, itu harddisk
suaranya masih normal nggak? kalau masih normal mungkin harus ditolong
dengan pcb yang sejenis dan masih bagus. kalau kedetek tapi suara udah
nggak karuan, krotok, krrrrroootoook!!! wah kalau ini mending nggak
usah dibawa ke teknisi om, ntar mahal tuh. :)

kalau masih ada harapan, banyak software yang masih bisa membantu.

dulu ketika jaman masih fat16 saya pake undelete sama unformat dari
bawaan NU(norton utility) sejak fat32 saya udah jarang pake NU,
Recovery My Files, ini bagus tapi bayar, nggak tahu harganya, kemaren
coba demonya bagus, cuma nggak bisa ngrecover. pake rest_undelete
free, pake r-undelete free juga, kalo di linux pake testdisk bisa
nggak ya? :) coba aja. ayooooooooooo