> tapi ada saran dari temen supaya gateway saya dikasih 1 eth lagi jadi
> untuk memudahkan katanya.

Memudahkan apanya?

Rencananya akan ada dua level client, ada warnet dan ada sekolah.

Warnet otomatis hanya bw internet yang diberikan dengan bw tertentu,
sedangkan sekolah/intansi pendidikan selain internet mereka juga akan
diberikan resource untuk akses aplikasi2 WAN seperti web, voip,
streaming dll.

Dengan adanya dua eth untuk level warnet itu bisa pake htb dengan aman
tanpa mengganggu client yang fokus ke resource WAN.

mohon di koreksi mungkin prinsipnya yang saya terapkan salah untuk
keperluan diatas.

akhirnya daripada mentok dimasalah diatas, sy ganti firewallnya pake
rc.firewall dari projectfiles dan semua dah running sekarang. tapi
nanti untuk saran di SuSEfirewall2 melihat port icmp saya coba lagi.

salam,

--
$ http://putra.galuh.web.id