----- Original Message -----
From: "Ronny Haryanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Friday, July 21, 2006 10:39 AM
Subject: Re: [tanya-jawab] Blok MIRC
> betul.
>Kalo "betul" lalu gimana "tutup SSH" bisa membuat jadi "gak bisa http
>tunneling"?
> yg bener gimana ? coba kasih penjelasan...
>Yang bener ya ngeblok itu tidak sama dengan, dan tidak cukup dengan,
>nutup port number. Point saya cuma itu.
>Ronny

setahu saya, SSH tunneling memanfaatkan service SSH (biasanya menggunakan
port 22) sebagai terowongannya, agar data-data yang di forward itu tidak
bisa
atau minimal susah sekali untuk di sniffing (disadap).
kalo HTTP tunneling memanfaatkan service HTTP (biasanya port 80, 8080, atau
3128, baca : webserver) untuk menghindari blocking firewall untuk service
seperti telnet dan rhost (termasuk IRC juga) yang harus ber koneksi stay
alive,
agar data yang lewat terowongan tsb bisa di forward lewat service HTTP.
untuk mencegah http tunneling ? kayaknya harus memblok HTTP service deh :)
atau kalo webserver anda harus tetep idup, ya anda harus memelototi traffic
yg lewat service HTTP, ada gak pattern2 yg khas protocol IRC yg lewat ???
(misal : NOTICE AUTH, NICK, PING, PONG, NICKSERV :identify,
JOIN, PRIVMSG, dll). kalo ada, ya silahken dianalisa dari IP mana dia
berasal,
port berapa, dan IP mana tujuannya, port brapa, barulah main firewall lagi
(main blok IP aja). itu mungkin yg dimaksud oleh kang Ronny yach....
CMIIW.

./iko
www.geocities.com/iko94