On Wed, Aug 02, 2006 at 01:07:28PM +0700, Wisu wrote:

> Iya bener... salah satu kantor saya pake ADSL speedy modemnya "murah
> meriah" linksys ADSL 2MUE ( < 500 rb) kemampuan routingnya jelek tapi
> bisa di set sebagai bridge... dan itu yang terpenting...

Memang speedy ini baru masuk pertama kali di kota saya, malahan beritanya
ada di situs telkomspeedy. Jadi speedy plus perangkatnya termasuk baru,
seperti waktu saya coba enable access control lewat web admin di
modem, kok malah client2 tdk bisa konek? Saya jadi pikir udahlah install
linux saja sbg router..;-)

> Settingya persis seperti di atas sehingga IP Public ada di eth1 (dalam
> hal ini saya pake IPCOP jadinya eth1 -> Red)

ipcop ini termasuk distro mini linux ya ? Saat ini saya lagi browsing situsnya.
Padahal demi menghemat bandwidth internet saya rencana install proxy server,
squid dan/atau safesquid (sudah beli yg commercial :-)...

> Bener tapi router linuxnya jadi di belakang NAT

Lho bukannya kalau modem sudah diset bridge dan fungsi dhcpnya dimatikan
maka interface eksternal router akan memperoleh ip public dinamis dr dhcp
speedy ? Saya lihat ipnya pakai klas 125.164.243.0/24

Belum lama sih mainan speedy, dan kalau pun ada pengalaman itu pun masih
pakai windows, minggu lalu nge-set di kopegtel telkom pakai w2k.

> Pake IPCOP enak boss nggak pusing... udah gitu nggak perlu local
> resource yang tau banget soal linux...

Ya, tapi bisa diinstall proxy squid ndak atau safesquid ?

> Soal mau ngeliat apa billing nya Telkom Nakal...
> di IPCop saya intsall addon Net-Traffic di situ bisa memberikan besarnya
> bandwidth yang terpakai... dan terasa cepet banget naiknya... pa lagi
> d/l speednya lumayan cepet....
>
> OOT nih kayaknya selisih tuh itungan saya ama Telkom... tapi lantaran
> Unlimited nggak terlalu ambil pusing deh...
>
> itungan saya bulan Juni 06 -> in 2913.08 MB out 963.47 MB
> http://www.bigwisu.com/gallery/view_photo.php?full=1&set_albumName=speedy&id=IPCop_June06
>
> itungan Telkom bulan Juni 06 -> in 3,689,460 B out 1,219,836 B
> [...]

Apa ndak keliru nulisnya ? Bukannya telkom in 3,689,460,088 Bytes dan
out 1,219,836,295 Bytes? kalau punya anda yg benar, wah yg paling
untung ya pelanggan :-D ...

Wah, susah juga kalau gitu, kalau itungan selalu lebih besar bahkan
hingga 20%, gimana kalau punya script perl dg LWP untuk mengetahui
langsung konsumsi bandwidth speedy ? Ada yg sdh pernah invent? Biar
tdk perlu reinvent the wheel ...

Buat yg pakai koneksi speedy unlimited sudah ndak perlu was2 lagi,
yg pakai limited ini yg h2c (harap2 cemas :-) ...

TIA,

~yudi