halo master
saya coba memasang transparent proxy di mesin squid saya dengan
menggunakan port 8009 dan sudah berjalan dengan baik  jika di test di
semua client dengan memasukkan ip squid 192.168.0.10:8009
$netstat -pln |grep squid
tcp        0      0 0.0.0.0:8009                0.0.0.0:*
    LISTEN      2473/(squid)

masalah jika saya test ubah port 8009 ke 3128 (karena ada sebagian
client yg tersebar menggunakan port lama squid yakni 3128) agar
memudahkan saya tidak perlu lagi setting satu-satu maka saya gunakan
iptables :

$iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -p tcp --dport 3128 -j REDIRECT
--to-port 8009
$iptables -t nat -A PREROUTING -i eth1 -p tcp --dport 3128 -j DNAT
--to-destination 192.168.0.10:8009

namun tetap tidak bisa berfungsi, kecuali mengubah kembali ke  8009
atau memilih tab 'direct connection to ther internet'. dan nampaknya
transparent proxy saya belum bisa berjalan.

mohon bantuannya dimana lagi yang perlu di setting.terimakasih