saya biasa menggunakan iptraf dan atau iftop untuk trafik realtime yg lewat interface eth

----- Original Message ----- From: <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, August 23, 2006 8:57 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] Re: menampilkan trafik realtime yg lewat interface eth

dh,
selama ini saya menggunakan iptraf untuk melihat trafic realtime, atau
engga gunakan htb.util juga bisa sekalian buat bandwidth managementnya

semoga membantu

terima kasih
-roni-

On 8/19/06, Arief Yudhawarman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Halo milisers,

Ada rekan yg tahu caranya agar kita bisa menampilkan rate trafik paket
(bytes) yg melewati interface ethernet secara realtime ?
Biasanya kalau untuk interface ppp0, untuk menampilan trafik yg
lewat device tsb tiap 1 detik pakai perintah ini:

  $ /usr/sbin/pppstats -w 1 ppp0

Perintah di atas akan menampilkan trafik paket in/out lewat device
ppp0 secara kontinous dengan selang waktu 1 detik.

Yang diinginkan adalah kita bisa menampilkan trafik paket (bytes)
saat itu juga. Kalau dengan ifconfig yg ditampilkan adalah trafik
paket secara kumulatif dan untuk mencari ratenya mungkin diakali
dengan buat skrip sederhana spt ini:

# cat rate.sh
#!/bin/bash
RX1=`ifconfig eth1 | grep -oE "RX bytes:[0-9]+"|cut -f2 -d':'`
sleep 1
RX2=`ifconfig eth1 | grep -oE "RX bytes:[0-9]+"|cut -f2 -d':'`
rate=`expr $RX2 - $RX1`
echo "Downstream rate: $rate bytes/second"

# rate
Downstream rate: 11270 bytes/second

Atau ada cara / resource lain yg lebih baik barangkali ?

pakai nload juga bisa

--
Linux can help figure out stuff that make me feel like a complete IDIOT