On Wed, Aug 23, 2006 at 01:56:50PM +0700, Green Barretz wrote:
> Tambahan lagi, freebsd lebih oke untuk optimize hardware dan sistem paket
> software.

maksudnya? :-)

> Karena semua aplikasi bisa decompile dengan mudah melalui sistem
> Pemaketan "port". Cukup dengan perintah make , make install semua dependensi
> Paket dan library yang lain akan dicari dan kalo perlu didownload langusng
> Source codenya.

coba saja gunakan debian/ubuntu.

> Setahu saya justru freebsd baru lebih oke dalam pengenalan hardware. Saya
> Pernah pake server Acer Altos G310 dengan SATA raid Mylex tahun lalu, malah
> justru SATA-nya dikenali oleh FreeBSD 5.4 sedangkan Fedora Core 4 belum
> support.

berarti pengetahuan anda salah :-) tapi mungkin ini ada kaitannya dengan
policy kernel linux yang semakin tidak akomodatif untuk binary only module.
sebenarnya, developer freebsd pun juga sama-sama keberatan dengan binary
only module. cuman barangkali karena developmentnya lebih lambat, tidak
seperti linux yang berkali-kali melakukan rewrite internal, jadi ada kesan
freebsd lebih akomodatif. coba baca thread 'linux ini doomsday scenario'.

> Kemungkinan sekarang sih FreeBSD sudah menyamai dan mungkin lebih baik
> Di release terakhir 6.1

kemungkinan belum. sebenarnya bukan melulu support kernel thd arsitektur
SMP per se. tetapi juga support thd aplikasi yang membutuhkan kernel
thread (thread dipakai untuk 'mengabuse' multiple processors). sejak
linux kernel 2.4 freebsd sudah babak belur di bidang ini. apalagi dengan
NPTL (native posix threads library) support di kernel 2.6, freebsd boleh
dibilang ancur mina. go figure. kalau support smp hanya untuk menjalankan
apache pre fork mah sebelum linus torvalds lahir pun di linux sudah ada
hi..hi.. j/k  isu ini perlu bagi mereka-mereka yang bermaksud menjalankan
java, mysql atau oracle. khusus untuk java, tentu saja alternatif terbaik
masih solaris :-) btw, dragonflybsd (leadernya idola saya, matthew dillon,
sedang mengupayakan untuk lebih akomodatif terhadap kernel threads). btw,
matthew dillon ini empu-nya VM (that's why vm freebsd itu robust). dulu,
matt ini juga ikutan develope VM untuk linux, tetapi karena kerjaannya
6  bln dilibas oleh linus dalam review 2 hr dia sakit hati :-)) Rik juga
pernah dibegitukan sama linus di versi 2.4, diganti dengan vm andrea yang
menurut rik ecek-ecek, tetapi tetap jadi pendukung setia linux, algoritma
rmap akhirnya dipakai di 2.6 (akhirnya toh kalau memang bagus, takkan lari
ke mana :-) rik van riel masih menganggap matt ini sebagai VM guru (no doubt).

> Untuk BUG dan security vurnerable freebsd lebih sedikit ditemukan.

karena rata-rata freebsd user tidak menjalankan macem-macem seperti
pengguna linux. please stop spreading FUD. security advisory yang muncul
sering muncul di bugtraq yang dikeluarkan oleh bbrp distro linux itu
justru cerminan responsiveness. every body make mistakes. dan sebenarnya
kebanyakan advisory itu pun tidak melulu soal kernel, tapi juga menyangkut
aplikasi-aplikasi yang juga digunakan di freebsd.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja