Dear Linuxer,

Mo tanya tentang qmail nih... saya sudah install qmail dan berhasil untuk
terima dan kirim baik yaitu relay local keluar maupun terima dari luar ke
local.

Yang menjadi masalah adalah email-email yang di relay dari local sering
ngetem lamaaaa bgt di qmail queue... kadang kadang baru besoknya di kirim.
 Dan kadang bisa 2 harian, kira-kira salahnya dimana ya?.

Pada waktu saya kirim emai memakai webmailnya (squirelmail) dan kemudian
saya ps -ax terlihat email yang baru saja saya coba kirim di remote.  Tapi
ga selang berapa lama saya coba ps -ax email yang diremote sudah tidak ada
lagi... tapi pas saya coba qmHandle -l terlihat email yang baru saja saya
kirim masih ada di queue.  Saya coba flush, masih tetep saja lama di
queue... memang saya lihat qmail mencoba melakukan koneksi ke domain yang
dituju tapi mail tersebut lewatnya setelah lama tinggal di queue.

Atas pencerahannya saya ucapkan terima kasih.

Cokorda