Hello tanya-jawab,

  Ada yang bisa bantu saya bikin bash script untuk kasus seperti ini
  nggak.
  Saya sudah berhasil bikin mailserver dan berjalan sesuai keinginan.
  Nantinya mailserver ini akan ditempatkan di kantor lain, yang orang
  IT nya tidak/belum mengerti tentang linux. Untuk memudahkan dalam
  add/delete user, saya rencananya mau bikin bash script, dengan alur
  seperti ini...

  Ketika user admin login, maka akan ditampilkan dengan pilihan:
  1. Tambah User
  2. Delete User
  3. Edit User

  Jika pilih 1 atau T, maka akan menjalankan , Silahkan masukan Full
  Name, setelah dimasukan, muncul pertanyaan lagi, masukan username,
  setelah masukan username dilanjutkan dengan memasukan password.
  Setelah ketiga variable tadi dimasukan, maka script akan menjalankan
  useradd $username kemudian passwd $username, kemudian melanjutkan
  dengan menambah entry di file /etc/postfix/recipient_canonical
  dengan format:
  [EMAIL PROTECTED]         [EMAIL PROTECTED]
  kemudian dilanjutkan dengan menjalankan postmap
/etc/postfix/recipient_canonical

  Begitu juga jika admin pilih 2 atau D maka, script akan menjalankan,
  silahkan masukan username yang akan dihapus, setelah dapat username,
  maka akan dicheck apa username tsb ada atau tidak ada, kalau ada
  dihapus dan dilanjutkan menghapus entry username tsb dari file
  /etc/postfix/recipient_canonical dan menjalankan postmap.
  Kalau tidak ada maka keluar error, bahwa username tsb tidak
  ada.

  Untuk pilihan ke 3 atau E ini untuk fasilitas penggantian password
  saja.

Terima kasih, kalau ada yang bisa membantu. Sempat berpikir juga untuk
install webmin saja :p

Nyoman.