On 9/3/06, bernard adytia darmadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
hallo bung muhfi

On 9/4/06, Muhfi Asbin Sagala <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Saya Mau donlot ISO image FreeBSD versi 6.1 dari situs
> www.freebsd.org. Ada beberapa hal yang saya tidak mengerti seperti:
>
> 1. 6.1-RELEASE-i386-bootonly.iso itu harus saya donlot apa tidak?

mungkin ini merupakan CD untuk booting saja, semacam rescueCD (mungkin)

> 2. File Checksum.md5 dan checksum.sha256 tu untuk apa dan harus saya
> donlot juga apa tidak?

ini tergantung anda,
checksum itu kan untuk memeriksa integritas file iso itu (ada yang
corrupt ato tidak)
jadi bila koneksi internetnya baik dan anda menggunakan download
manager mungkin bisa diabaikan

saya sendiri jarang mendownload file itu, kecuali pas download DVD
debian, karena cukup besar dan lumayan lama maka checksum itu
diperlukan untuk memastikan apakah file iso yang telah di download
sudah bener

> 3. Kalo saya mo burn ke CD, file apa saja yang mesti saya burn? ISO
> nya saja atau ikut file2 checksum tadi?

rasanya kalo anda sudah cek dengan checksum dan ternyata beres
maka anda tidak perlu untuk mem-burn file checksum itu

Terima Kasih mas Bernard atas jawabannya. Saya akan coba download file
ISO image-nya