On Fri, Sep 08, 2006 at 10:05:43AM +0700, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> saya mau nanya nih.... saya punya akses internet dari 2 isp dan saya punya
> 2 LAN,  lan A (192.168.1.x) dan lan B (192.168.2.x), pertanyaan saya,
> gimana buat static route di router linux, untuk akses internet utk lan A
> secara otomatis nge-gateway ke isp A dan akses internt utk lan B secara
> otomatis nge-gateway ke isp B?, apakah harus dilakukan di routing apa di
> firewall

Bisa di routing, pake policy routing. Soalnya kalo routing table kan
isi intinya kan cuma destination sama next hop aja, gak liat source.
Kalo mau berdasarkan lain2 seperti source address bisa pake policy
routing.

Kalo pake iproute2 bisa pake 'ip rule ...'. Tinggal baca
dokumentasinya di 'man 8 ip' atau ke lartc.org.

Ronny