Quoting Yudhi Kusnanto <[EMAIL PROTECTED]>:

> anggap anda sudah mengubah type partisi ke ext3 (hex 0x83) sebelum
> memformat, betul? karena disk yang sama digunakan sebagai partisi

Salah.
Saya belum ubah type partisi-nya ke linux, saya langsung saja
format dg perintah ini: mkfs.ext3 /dev/hda1
Lah kok bisa, terus saya mount sbg /cache dan jalankan squid -z,
bisa, yah akhirnya aktif sampai sekarang ...

> [...]
> (/) maka tabel partisi yang baru gak bisa di-reload, alias harus di
> boot
> ulang supaya tabel yg baru bisa dikenali (mestinya ada pesan
> mengenai hal
> ini). kalo disknya beda, biasanya langsung dikenali (dg catatan gak
> ada
> partisi lain yang sedang mounted pada disk yang sama).
>
> sepanjang pengalaman saya, ketika boot ulang, tidak ada masalah,
> semua
> seperti seharusnya.
>
> tapi kalo anda belum mengubah tipe partisi (dari 0x7 ke 0x83)

Terimakasih, saya akan men-disable-kan squid-nya dulu, umount partisi
tsb, dan coba masuk ke fdisk untuk ubah ke linux (0x83).

Nanti akan saya ceritakan hasilnya.

Salam,

~yudi