Dear all,

Ditempat saya konfigurasi mail server seperti ini :

Internet -------------- Mail server gateway (MX10) ------------ Mailbox
server

    ----------------------- Mail server backup (MX20)

Saat MX10 nya down, otomatis kan semua email masuk ke MX20 dan di queue
disana. Nah saat MX10 nya up lagi, mail2 yang ada di MX20 akan
dikirimkan kembali ke MX10. Nah masalahnya disini, karena MX10 nya saat
up kembali karena ada kesalahan konfigurasi, email dr MX20 di reject
oleh MX10 (Relay access denied), dan kagetnya saya, email2 tsb sehabis
direject, saat itu juga langsung diremove oleh MX20, padahal MX20 nya
saya sudah atur bounce_queue_lifetime nya 3 jam kemudian. Apakah ini
"kelainan" dari perilaku postfix (saya pakai postfix sbg MX20), ataukah
saya salah setting, atau memang begitu alurnya? Mohon pencerahan dari
para pakar disini.

--
- Cygnus -