From: Zaki Akhmad [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, September 19, 2006 5:34 PM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: [tanya-jawab] Email Client yg Mendukung TTD Digital

Salam...

Saya sedang bereksperimen menggunakan sertifikat digital untuk
menandatangi secara digital email. Untuk melakukan hal ini diperlukan
email client.

Nun, dalam eksperimen saya, saya berencana mengakses sertifikat
digital dari server LDAP. Tidak diambil langsung tapi dari hasil query
LDAP.Saya coba menggunakan Thunderbird, LDAP bisa, tapi atribut
userCertificate-nya tidak terdeteksi:-(

Teman-teman disini biasanya pakai email client apa untuk
menandatangani email secara digital? Lalu bagaimana mengakses sertifikat

digital-nya?

Mungkin jika hanya 1/2 orang akses sertifikat digital masih  bisa
dilakukan manual. Tapi jika sampai ratusan ;-) Oh, tapi ini konteks-nya
jadi untuk melakukan enkripsi email.

Terimakasih.

----
17:26,Sep 19