> ----- Forwarded message from Sarja Malsa <[EMAIL PROTECTED]> -----

Mengambil kesimpulan "RAM terpakai semua" berdasarkan apa? Menurut
output "free" di atas yg "terpakai" RAM-nya baru 194616 dari total
2582292, dan masih ada 2387676 yg bisa dipake.

Penggunaan RAM dan swap bukan satu2nya faktor yg menjadikan suatu
program berjalan lambat. Faktor lain yg mungkin antara lain: disk I/O,
CPU, network bandwidth.

Itu nol karena memang swapnya belom kepake.

Kalo rata2 penggunaannya seperti itu terus, kemungkinan nggak. Utk
sekedar berjaga2 sih mungkin dibuat 1:1 gak ada salahnya kalo
memungkinkan.

Ini tergantung vm system yg dipake oleh kernel, dia yg mengatur
sendiri. Mungkin 'vmstat' bisa memberi gambaran sedikit.

Kalo anda cuma punya satu swap, ya priority tidak ada artinya.
Priority digunakan untuk memilih mana yg dipake duluan kalo ada lebih
dari satu swap filesystem.