On Sunday 08 October 2006 16:20, Yanuar Annur Rohim wrote:
> Sebelumnya saya bener2 gak tahu tentang LAN, tapi mau belajar LAN ajah
> yang pake konsep client-server.
> Ada nggak tutorial/e-book tentang memasang LAN di Linux? bahasa
> Inggris juga gpp.
>
> Atau gak saya tanya deh sama Linuxer sekalian
>
> Misalkan saya udah pasang kabel2 client dan server ke swith trus kita
> kan harus mengatur Server buat sharing ile dan ngatur IP.
> Nah saya nggak tau tuh cara ngatur IP-nya terutama di
> SuSE,Ubuntu/Edubuntu . Ada yang bisa menjelaskan? soalnya saya ndak
> tahu IP yang diatur itu lewat enthernetnya atau DHCP-nya(maklum masih
> [...]

Terlalu panjang untuk di jawab di milis. Sebaiknya kamu baca2 article mengenai
konsep2 LAN. Di www.ilmukomputer.com kayaknya banyak. Atau di toko buku juga
lengkap.

Kalau mau kilat sharing file/directory di Linux pakai samba bisa coba
http://linux2.arinet.org/index.php?option=com_content&task=view&id=143&Itemid=2
Kebetulan pake Suse juga, tapi distro lain juga mestinya mirip settingannya.
Selamat belajar.
--
Fajar Priyanto | Reg'd Linux User #327841 | Linux tutorial
http://linux2.arinet.org