widia wrote:
milis yth.
saya ambil potongan tanggapan ini dari milis ini juga
saya juga pernah mengalami hal seperti ini, solusinya: buat filtering spam/antivirus , mail server, dan squirrelmail (webmail) pada mesin yang berbeda (jadi ada tiga mesin), hasilnya uhui... :)

>kalo boleh saya pecah-pecah
>itu artinya tiga ada server khusus
>1. untuk spam/antivirus
>2. untuk mail server
>3. squirrelmail
>tolong dong saya dijelaskan yang server spam/antivirus ini jalan di komputer lain, prosesnya/logikanya bagaimanya?
>terus terang saya kuwalahan dengan spam dan virus yang selalu terus ada
>kalo ada server sendiri khusus untuk spam/antivirus sistem kerjanya tentu lebih terfokus pada satu tugas.
>tapi gimana caranya
>tolong dong
> [...]

pernah denger proxy http, atau proxy squid? logikanya spt proxy squid kalee yee,
yang bisa ngatur2, nge-allow, dan nge-deny trafik http
Anda bisa pakai proxy http atau transparent proxy http.
Begitu juga untuk antispam atau antivirus filtering pakai proxy juga, namanya SMTP filtering proxy, dalam proxy SMTP tsb terinstall Antivirus dan AntiSpam yang akan memfilter trafik email (baik incoming maupun outgoing) sebelum diteruskan ke mail server. Anda juga bisa pakai smtp proxy atau transparent smtp proxy. kira2 gitu CMIIW. Anda bisa baca2 di http://assp.sourceforge.net , Anti-Spam SMTP Proxy (ASSP) , ini open source (udah ada yang pernah install/konfigurasi/setting ASSP blum ? share donk) , atau bisa pakai proxy smtp lainnya yang opensource atau yang komersial seperti astaro (www.astaro.com)

--

www.wahyunet.com