On Fri, Oct 20, 2006 at 02:06:42PM +0700, mycson wrote:
> Saya mohon bantuannya dong bagaimana cara backup data di linux (saya
> pakai distro Redhat advance server 2.1), dan saya lagi buat supaya bisa
> backup data secara otomatis dan bisa di setting jam berapa untuk backupnya.
> kalau di windows ada aplikasi namanya "super flexible file syncronizer".
> apakah di linux ada aplikasi seperti itu ?
> saya sudah buat pakai perintah "crontab" tapi sampai saat ini blm berhasil.
> Mohon pencerahannya!!!

Tanda serunya kurang banyak, hehe. Kalo lebih banyak lagi pasti pada
gemeteran takut trus bikinin scriptnya buat anda :-)

Masalah yg besar dipecah2. Untuk backup/sync-nya bisa pake antara
lain: rsync, rdiff-backup, unison. Untuk masalah kapan dijalankannya
bisa pake crontab (kalo periodik) atau at (kalo sekali doang).

Kalo di Windows kita terbiasa/dibiasakan mencari *satu* aplikasi yg
bisa segalanya yg menyelesaikan semua masalah kita. Tapi kalo di Unix
(termasuk Linux) seringkali solusinya adalah *penggabungan* dr bbrp
tools kecil2 yg masing2 melakukan satu tugas spesifik, tapi
melakukannya dengan baik, tidak setengah2. Jadinya kalo kecil2 gitu
bisa jauh lebih flexible digabung2, kadang bisa menyelesaikan masalah
yg mungkin belom pernah terpikirkan sebelumnya oleh si pembuat2 tools
tsb. Ibaratnya tukang kayu yg punya banyak alat kecil2 di kotaknya
dengan tukang kayu yg hanya punya satu atau dua alat yg
"multi-purpose".

Ronny