On Fri, Oct 20, 2006 at 04:56:14PM +1000, Ronny Haryanto wrote:

> 'man update-rc.d'
>
> Ubuntu/Debian kadang2 approachnya agak sedikit berbeda, dan sayangnya
> sering tidak konsisten juga dalam pelaksanaannya. Ada bbrp initscript
> yg menggunakan semacam config files di /etc/default/ untuk mengatur
> service mana yg akan distart atau tidak. Contohnya di Ubuntu (Dapper)
> ada /etc/default/apache2 yg mengatur apakah servicenya mau distart
> atau tidak (defaultnya sih distart).

Bagaimana kalau itu bukan service, melainkan hanya script sederhana
seperti ini:

# this will remove any stale iptraf (not close cleanly)
rm -f /var/run/iptraf/*

Soalnya kadang saat menjalankan iptraf dan tiba2 listrik mati, servernya
kagak nyantol ke UPS, maka saat linux booting dan muncul prompt, untuk
menjalankan iptraf tdk akan bisa kecuali perintah di atas dijalankan.

Soalnya banyak deh script yg bukan aplikasi service yg saya cantolkan
di /etc/rc.d/rc.local, seperti ini contohnya:

# write diskonek (speedy)
echo "diskonek" > /tmp/ppp/status
# dvb is not konek on startup
echo "no" > /tmp/dvbstat
# Starting Squid
echo "Starting Squid"
# disable proxy transparent
/usr/local/sbin/trans_no.sh
# enable squid proxy server
/usr/local/sbin/squid -DF
/usr/bin/sleep 30
# enable proxy transparent
/usr/local/sbin/trans_yes.sh

Saya tidak tahu apakah di debian bisa se-fleksibel ini seperti di
slackware atau redhat.

--

Terimakasih sebelumnya dan sesudahnya.

Salam,