On Wed, Nov 01, 2006 at 05:36:24PM +0700, Chris wrote:
> Saya perlu distro ringan, GUI tidak mutlak, namun mendukung
> unixODBC. Plus cukup mudah menambahkan paket-paket tambahan. Ada
> yang bisa memberi rekomendasi?

Xubuntu. Basisnya Ubuntu tapi pake desktop XFCE. Paket unixodbc sudah
ada di Ubuntu, kalo belom pun tinggal apt-get aja, semudah menambahkan
paket2 lain. Banyak mirror lagi di Indonesia kayaknya. Selain mudah
juga repositorynya menyertakan banyak sekali pilihan free software.
Hampir semuanya yg lumayan populer ada. Bahkan yg semi-free seperti
Java, Opera, Skype, dan Flash player pun ada paketnya.

Kalo gak perlu GUI (server doang), install aja Ubuntu yg server.
Enteng banget. Update mudah, tinggal install paket
unattended-upgrades. Kalo butuh long-term support, ada juga versi 6.06
LTS yg disupport minimal 5 th (?) ke depan, jadi ga usah repot
upgrade2 sampe lama.

http://ubuntu.com/

Ubuntu ini dasarnya Debian, mirip seperti Knoppix, Xandros, MEPIS,
Linspire yg dasarnya juga Debian. Personally saya paling sreg dari
sejak th 1997 pake Linux sampe skrg ya pake Ubuntu ini.

Kalo mau yg lebih kecil lagi, bisa coba Damn Small Linux (DSL), cuma
50 MB udah ada GUI, dan kalo dirasa kurang bisa dijadikan Debian.

Kalo requirements dan sikon anda tidak terlalu membatasi, saya
sarankan coba Ubuntu Server yg 6.06 LTS (Dapper Drake) dulu.

Ronny