----- Original Message -----
From: "Muhammad Ichsan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, November 29, 2006 9:19 AM
Subject: [tanya-jawab] Masalah: eth2 jadi eth3 bolak-balik

> Dear Linuxers,
>
> Gw punya masalah serius. Server routing gw sering berganti2 memberi
> nama pada kartu jaringan yang sama. Dari eth2 menjadi eth3 dan
> sebaliknya. Karena itu jaringan saya suka putus2. Ada apa ya
> sebenarnya?

++ kalo emang kebeneran ada 2 atau lebih ethernet card yg dipasang itu
fisiknya sama / kembar bisa diakali dgn sedikit ngoprek ;)
ini pernah saya alami, kebeneran saya pake 2 NIC dgn chipset rtl8139 yg di
linux RH7.3 saya bisa jalan dgn module 8138too
problemnya seringkali ketuker sendiri antara eth0 dan eth1 (terutama terjadi
setelah PC restart), padahal kabel utp yg nancep di eth0 ke internet dan
kabel utp nancep di eth1 ke localnetwork, kalo ketuker he he ... link ke
internet ngadat dah !

berikut langkah2 yg saya lakukan :

1. saya pastikan ke 2 NIC kedeteksi oleh OS, sekalian cari tahu IRQ & IO-nya
# cat /proc/pci
  Bus  0, device   9, function  0:
    Ethernet controller: Realtek Semiconductor Co., Ltd. RTL-8139 (rev 16).
      IRQ 10.
      Master Capable.  Latency=32.  Min Gnt=32.Max Lat=64.
      I/O at 0xf600 [0xf6ff].
      Non-prefetchable 32 bit memory at 0xffadff00 [0xffadffff].
  Bus  0, device  11, function  0:
    Ethernet controller: Realtek Semiconductor Co., Ltd. RTL-8139 (#2) (rev
16).
      IRQ 11.
      Master Capable.  Latency=32.  Min Gnt=32.Max Lat=64.
      I/O at 0xf200 [0xf2ff].
      Non-prefetchable 32 bit memory at 0xffadfe00 [0xffadfeff].

2. saya pastikan 2 hal dibawah sudah diset dgn bener
# cat /etc/modules.conf
alias eth0 8139too
alias eth1 8139too

3. saya tambahkan 1 baris berikut ke lilo.conf
append="ether=10,0xf600,eth1 ether=11,0xf200,eth0"

formatnya ether=IRQ,IO,eth?
tapi saya blm nyobain kalo pake grub or bootloader yg laen, kebeneran PC tua
saya yg ini pake lilo

Dan setelah itu gak pernah lagi terjadi yg aneh-aneh ama eth-nya :)
semoga bisa bantu

salam,
-rianu-