Saya membutuhkan backup incoming & outgoing email yg system-nya
menggunakan qmail (untuk tujuan forensic). Backup ini berbeda dengan
backup secara berkala dimana apabila ada email yg sudah diambil oleh
user maka email tersebut tidak ter-backup. Jadi seolah olah seluruh
email yg masuk dan keluar selain menuju ke Inbox-nya masing-masing
juga akan tertampung ditempat lain, sehingga apabila user sudah
mengambilnya dengan pop3 dan tidak meninggalkan copy di server maka
ditempat lain ini saya masih punya salinannya.
Setelah cari kesana kemari, solusinya ada beberapa macam, mulai dengan
dot forward ke account lain atau ke file, namun ini hanya utk incoming
mail, sync Maildir, namun bisa ada yg lolos jika sempat disedot oleh
user, dan cara terakhir yaitu dengan QUEUE_EXTRA, namun QUEUE_EXTRA
hanya membackup secara global dalam satu account khusus. Apakah ada
yang mempunyai ide cara lain utk masalah ini? Mungkin semacam
QUEUE_EXTRA juga tetapi bisa dipisah per user basis.

Justinus