On Wednesday 13 December 2006 08:15, rednux wrote:
> kawan,
> 1. jika saya telah menginstall webserver (apache/httpd), apakah jboss
> dapat dinstall didalamnya ? ataukah jboss itu berdiri sendiri tanpa
> perlu apache (webserver) ??

jboss berdiri sendiri tanpa apache.
by default, dia jalankan webserver sendiri (yaitu tomcat), tapi hanya bisa
handle jsp atau servlet.
jadi kalo mau jalankan php tetap harus pakai apache httpd.

kalo mau digabung, biasanya apache httpd dijalankan sebagai front end, dan
semua request yang berhubungan dengan jsp/servlet didelegasikan pemrosesannya
ke jboss. nanti hasil prosesnya akan dikembalikan ke apache httpd untuk
selanjutnya dikirim ke client.

> 2. bagaimana dengan tomcat ? apakah boleh menginstall tomcat dan jboss
> dalam satu webserver

maksudnya diinstal di satu mesin?
bisa saja, tinggal diatur supaya tidak berebut port.

tapi buat apa?
jboss itu kan sudah membundle tomcat didalamnya.

> terimakasih
sama-sama

--
Endy Muhardin