Pada Thursday 14 December 2006 15:00, Agi Subagio menulis:
> gimana caranya sharing file/printer dari linux ke linux? dan dari linux
> ke windows? khususnya utk enduser lho... bukan admin...
> kalau admin mah tinggal hajar di /etc/samba/smb.conf ajeh...
> saya pake openSUSE 10.2 dan yg pastinya CUPS.
> udah klak-klik di yast2... masih kagak muncul ajeh tuh sharingnya...

Daku pengguna OpenSUSE 10.1. Mudah mudahan masih mirip dengan saudaranya, suse
10.2

Untuk sharing file (yang men-sharing)
Dari tombol menu -> Masuk ke yast --> network services --> samba.

Untuk membuka file orang lain:
Klik "network browsing" di desktop --> klik "samba shares"

Untuk sharing printer
yast --> hardware --> printer --> add printer
Gak tau kenapa, tapi begitu setting printer di yast, langsung ter-share.

Untuk menggunakan printer orang lain
yast --> hardware --> printer --> add printer
pilih network printer.

Selamat mencoba.