Pak coba pake proxy ipcop, semua bias di handle sama ipcop.. dan yg plng
penting mudah konfigurenya ...

-----Original Message-----
From: A r y a S e t a [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, January 08, 2007 2:26 PM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Cc: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [tanya-jawab] Howto Proxy ADSL

Ada salah satu kantor itu punya topologi net sbb : internet --- modem adsl
--- switch -- klien
Nah kantor ini mau pasang proxy yg sekaligus untuk manage acl, misal si user
boleh internetan mulai jam brp sampe jam brp, siapa aja yg boleh internetan
dll
Dan saya saranin pake linux + squid (acl yg saya sebutkan itu kan bisa di
handle ma squid)
Nah, menurut saya sih topologinya jadi begini :  internet --- adsl --- Squid
---- switch ---- client (bener nggak?) nah klo bener, pemberian ip nya gmn?

Nah network yg skrg itu, menggunakan 192.168.10.100 buat gateway (ip nya
modem adsl)
Jadi user skrg itu penomoran ipnya misalnya begini :
IP Address : 192.168.10.1
Netmask : 255.255.255.0
Gateway : 192.168.10.100
DNS : DNS ISP

NB: Nantinya user2 ini akan "dipaksa" menggunakan proxy itu (transparent),
jd acl bisa diterapkan dengan baik.

Atau ada cara laen, yg pasti nih kantor pingin menggunakan proxy, yang mana
seluruh user "HARUS" menggunakan proxy itu, yang mana di proxy itu nanti ada
management acl nya.

-dhani