Hermann Golden wrote:
> Saya kesulitan install Mandriva, Mandrake 10.0 dan Fedora di PC saya,
> selalu muncul "NO CD ROM DEVICE FOUND", padahal kalau install openSUSE
> 10.2 lancar, saya pikir DVD Rom-nya gak punya driver, terus saya ganti
> dgn CD rom dan DVD rom yang lain, hasilnya sama saja "NO CD ROM DEVICE
> FOUND", mohon bantuan solusinya, terimakasih, sbg informasi saya pake
> motherboard Intel 965CLTK

Kemungkinan besar  cd instalasi mandriva, mandrake 10.0 dan fedora yang
anda gunakan rusak / bad sector. Kemungkinan lain cd instalasi tersebut
tidak compatible dengan cd-rom / dvd-rom drive yang anda gunakan. Saya
juga mengalami hal yang sama, cd instalasi opensuse 10.2 tidak
terdeteksi di dvd/cd-rw laptop toshiba tetapi dapat terdeteksi di
desktop dengan drive dvd/cd-rw jenis lain. Cd instalasi mandrake limited
edition 2005 tidak terdeteksi di kedua compi tersebut.