Saya sedang ingin mencoba membangun web komunitas memanfaatkan
aplikasi-aplikasi web opensrouce yang sudah ada. maunya sih nantinya
user bisa mendapatkan fasilitas email, wiki, blogs, fileupload and
forum.

bagaimana caranya supaya menggabungkan service-service itu menjadi
satu login. Kayak di yahoo dan google gitu kan hanya perlu satu kali
login untuk mengakses banyak aplikasi berbeda. Misalkan jika pake
wordpress + phpBB + postfik + squirellmail.

1. Solusi mana yang terbaik? pake mysql, ldap atau?
   Kalu pake mysql saya lebih familiar dari pada ldap dan sekarang
bikin mailserver juga dengan backend user auth pake mysql.

2. Jika aplikasi menggunakan bahasa berbeda seperti 1 aplikasi pake
PHP yang lain pake Python kan tidak bisa memanfaatkan PHPsessionID

3. kalau domain juga berbeda? pinginnya sih loginnya di sentralistic
ke login.domain.com gitu. trus entar bisa bikin forum.domain.com,
blog.domain.com

mohon saran dan pencerahannya

firdaus